Cara Mudah Memilih GPU yang digunakan Game di Komputer

1 min read

Advertisement
Sekarang di Windows 10 memungkinkan Anda  untuk memilih GPU mana yang dimainkan oleh game atau aplikasi lain  dan memeriksanya secara langsung dari aplikasi Pengaturan di Windows. Sebelumnya, Anda harus menggunakan alat khusus produsen seperti Panel Kontrol NVIDIA atau AMD Catalyst Control Center untuk mengontrol dan memeriksa gpu di windows komputer ini.
Fitur ini telah ditambahkan pada Pembaruan April 2018 Windows 10 . Jika Anda tidak melihat opsi Pengaturan Grafis, berarti Anda belum menginstal pembaruan, pengaturan Grafis juga sangat berpengaruh buat PC Gamming dimana Grafis Sebuah Game  akan terlihat bagus ketika milihan VGA yang cocok dengan GPU PC Anda.
 
Cara Menetapkan Aplikasi ke GPU
Untuk menetapkan aplikasi ke GPU, buka Pengaturan> Sistem> Tampilan. Gulir ke bawah dan klik tautan “Pengaturan Grafis”.
 
 
Pilih aplikasi yang ingin Anda konfigurasikan. Untuk memilih game atau aplikasi desktop tradisional dengan file .exe, pilih “Aplikasi klasik” di kotak, klik tombol “Browse”, dan kemudian cari file .exe di sistem Anda. Sebagian besar file .exe aplikasi mungkin berada di suatu tempat di salah satu folder Program Files Anda .
Jika Anda ingin memilih aplikasi Universal gaya baru , pilih “Aplikasi Universal” di kotak, pilih aplikasi dari daftar, lalu klik tombol “Tambah”. Aplikasi ini umumnya diinstal dari Microsoft Store dan tidak memiliki file .exe. Mereka sering disebut Universal Platform Windows atau aplikasi UWP.
 
Aplikasi apa pun yang Anda tambahkan muncul dalam daftar pada halaman Pengaturan Grafik. Pilih aplikasi yang telah Anda tambahkan, lalu klik tombol “Opsi”.
 
 
Pilih GPU mana yang Anda inginkan. “Sistem default” adalah GPU default yang digunakan untuk semua aplikasi, “Hemat daya” mengacu pada GPU berdaya rendah (biasanya pada video papan seperti Intel Graphics), dan “Kinerja tinggi” mengacu pada GPU berkekuatan tinggi (biasanya kartu grafis diskret dari seseorang seperti AMD atau NVIDIA).
 
GPU yang tepat digunakan untuk setiap pengaturan ditampilkan di jendela di sini. Jika Anda hanya memiliki satu GPU di sistem Anda, Anda akan melihat nama GPU yang sama di bawah opsi “Power saving GPU” dan “High Performance GPU”.
 
Klik “Simpan” setelah selesai. Jika game atau aplikasi sedang berjalan, Anda mungkin perlu memulai ulang agar perubahan Anda diterapkan.
 
 
Cara Memeriksa GPU mana yang digunakan Aplikasi atau Game
Untuk memeriksa GPU mana yang digunakan oleh permainan, buka Task Manager dan aktifkan kolom “Engine GPU” pada panel Proses. Anda kemudian akan melihat nomor GPU mana yang digunakan aplikasi. Anda dapat melihat GPU mana yang dikaitkan dengan nomor mana dari tab Kinerja.
 
Mungkin postingan hari ini dicukupkan sekian saja, semoga artikel cara memilih gpu dan memeriksa gpu mana yang di gunakan oleh game maupun aplikasi di komputer bisa bermanfaat.

Cara Membuat Bootable USB Windows Dengan WinToFlash

Advertisement Cara Membuat Bootable USB Windows Dengan WinToFlash – Kalau dulu saat akan menginstal ulang windows, Anda pasti menggunakan CD atau DVD. Cara seperti...
Teknoles
3 min read

Cara Membuat Jaringan Wifi Adhoc Di Windows 10

Advertisement Cara Membuat Jaringan Wifi Adhoc Di Windows 10 – Kamu pasti pernah ingin membuat sebuah local network dengan menggunakan wifi dari windows 10....
Teknoles
2 min read

Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows

Advertisement Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows – File sharing merupakan sebuah sistem dimana beberapa orang bisa untuk berbagi file, folder atau...
Teknoles
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *