Cara Menghemat Data Seluler di iPhone Terbaru

Data seluler merupakan hal yang paling penting untuk diawasi seberapa banyak data yang di gunakan untuk menghemat pemakain data seluler. Di Indonesia sendiri biaya untuk membeli data seluler tergolong cukup mahal dengan adanya batasan kuota internet, sehingga kita perlu menghemat data seluler atau data internet di ponsel.

Cara Menghemat Data Seluler di iPhone Terbaru


Di sini saya akan memberikan tips untuk menghemat data seluler internet di iphone, dengan mengawasi dan memeriksa penggunaan data internet kalian bisa memantau mana aplikasi yang menguras banyak kuota internet. Dengan begitu kita bisa dengan mudah untuk mengurangi pemakaian aplikasi yang menguras banyak data internet sehingga kita bisa menghemat penggunaan data seluler di iphone.

Cara Memeriksa Penggunaan Data Seluler Di Iphone


Cara termudah untuk memeriksa penggunaan data seluler terkini di iPhone. Buka Pengaturan> Seluler. Gulir ke bawah dan akan melihat sejumlah data yang ditampilkan di bawah "Penggunaan Data Seluler" untuk "Periode Saat Ini."

Cara Menghemat Data Seluler di iPhone Terbaru


Layar ini sangat membingungkan, jadi jangan panik jika melihat angka yang sangat tinggi! Periode ini tidak secara otomatis disetel ulang setiap bulan, jadi penggunaan data yang ditampilkan di sini mungkin total dari berbulan-bulan. Jumlah ini hanya dapat diatur ulang saat menggulir ke bagian bawah layar ini dan ketuk opsi "Reset Statistik". Gulir ke bawah dan akan melihat kapan terakhir kamu mengatur ulang statistik.


Jika kalian ingin layar ini menunjukkan total berjalan untuk periode penggunaan data seluler saat ini, Kamu harus mengunjungi layar ini pada hari ketika periode penggunaan data seluler baru setiap bulannya dan menyetel ulang statistik hari itu. Tidak ada cara untuk mengaturnya secara otomatis pada jadwal setiap bulan.

Cara Menghemat Data Seluler di iPhone Terbaru


 Cara Menjaga Penggunaan Data Seluler di iPhone


Periksa jumlah data seluler yang digunakan oleh setiap aplikasi untuk jangka waktu yang telat di atur di Pengaturan> Layar Seluler. Ini akan memberi tahu kamu mana aplikasi yang menggunakan data selelur. Pastikan untuk menggulir ke bawah ke bawah untuk melihat jumlah data yang digunakan oleh "Layanan Sistem" yang dibangun ke dalam iOS.

Banyak dari aplikasi tersebut yang mungkin memiliki pengaturan bawaan sendiri untuk membatasi penggunaan data - jadi buka dan lihat apa yang ditawarkan pengaturannya.

Misalnya, kamu dapat mencegah App Store mengunduh konten dan pembaruan secara otomatis saat iPhone menggunakan data seluler dan memaksanya menunggu hingga  tersambung ke jaringan Wi-Fi. Buka Pengaturan> iTunes & App Store dan nonaktifkan opsi "Gunakan Data Seluler" jika kamu ingin melakukan ini.

Jika kamu menggunakan aplikasi bawaan Podcast, kalian dapat memberitahukannya untuk hanya mengunduh tugas baru lewat Wi-Fi saja. Buka Pengaturan> Podcast dan aktifkan opsi "Hanya Unduh di Wi-Fi".

Cara Menghemat Data Seluler di iPhone Terbaru

Banyak aplikasi lain (seperti Facebook) yang memiliki pilihan penhaturan tersendiri, untuk meminimalkan penggunaan data seluler dan memilih pengaturan menunggu jaringan Wi-Fi. Untuk menemukan opsi ini, kamu perlu membuka aplikasi spesifik yang ingin di konfigurasikan, menemukan layar pengaturannya, dan mencari opsi yang membantu untuk mengontrol kapan aplikasi menggunakan data.

Jika aplikasi tidak memiliki pengaturan itu, kalian dapat membatasi penggunaan datanya dari Pengaturan> layar Seluler. Cukup balik tombol di samping aplikasi, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Aplikasi yang di nonaktifkan di sini akan tetap diizinkan untuk menggunakan data tapi lewat jaringan Wi-Fi  bukan data seluler.

Cara Menghemat Data Seluler di iPhone Terbaru


Kalian juga bisa melihat berapa banyak data yang digunakan oleh "  Wi-Fi " di bagian bawah layar Seluler. Fitur ini menyebabkan iPhone kamu untuk menghindari penggunaan Wi-Fi dan memilih menggunakan data seluler jika terhubung ke jaringan Wi-Fi yang tidak berfungsi dengan baik.

Nonaktifkan Penggunaan Aplikasi di Latar Belakang iPhone


Sejak iOS 7, Apple telah mengizinkan aplikasi memperbarui dan mengunduh konten secara otomatis di latar belakang. Fitur ini nyaman, tetapi dapat membahayakan masa pakai baterai dan menyebabkan aplikasi menggunakan data seluler di latar belakang, bahkan saat kamu tidak menggunakannya secara aktif. Menonaktifkan penggunaan aplikasi di latar belakang dan aplikasi hanya akan menggunakan data seluler saat kalian membuka aplikasinya, bukan di latar belakang.

Untuk mengontrol aplikasi mana yang dapat melakukan ini, buka Pengaturan> Umum> Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Jika kamu tidak ingin aplikasi menyegarkan di latar belakang, nonaktifkan sakelar di sampingnya. Dan jika tidak ingin aplikasi menggunakan data di latar belakang, nonaktifkan slider “Penyegaran Aplikasi Latar Belakang” di bagian atas layar sepenuhnya.

Cara Menghemat Data Seluler di iPhone Terbaru


Menonaktifkan pemberitahuan push juga dapat menyimpan sedikit data, meskipun pemberitahuan push agak kecil.

Nonaktifkan Mail, Kontak, dan Sinkronisasi Kalender di iPhone


Secara default, ponsel iPhone akan secara otomatis mengambil email, kontak, dan acara kalender baru dari internet. Jika kamu menggunakan akun Google, secara teratur memeriksa server untuk informasi baru.

Jika lebih suka memeriksa email masuk dengan jadwal sendiri, kalian bisa. Buka Pengaturan> Mail> Akun> Ambil Data Baru. Kamu dapat menyesuaikan opsi di sini untuk mendapatkan email baru dan data lainnya “ secara manual .” Ponsel iPhone tidak akan mengunduh email baru sampai  membuka aplikasi Mail.

Cara Menghemat Data Seluler di iPhone Terbaru


Cara Menggunakan Cache Data Offline Kapanpun di iPhone


Persiapkan sebelumnya, dan tidak perlu menggunakan cukup banyak data. Misalnya, alih-alih streaming musik dalam aplikasi seperti Spotify (atau layanan musik lainnya), unduh file musik tersebut untuk penggunaan offline menggunakan fitur offline bawaan Spotify. Daripada mengalirkan podcast, unduhlah ke Wi-Fi sebelum meninggalkan aplikasi tersebut. Jika kamu memiliki Amazon Prime atau YouTube Red, Anda dapat mengunduh video dari Amazon atau YouTube ke ponsel dan menontonnya secara offline .

Jika kalian membutuhkan peta, beri tahu Google Maps untuk menyimpan peta untuk area lokal secara offline dan mungkin bahkan memberikan instruksi navigasi offline, sehingga kalian tidak perlu mengunduh data peta. Pikirkan tentang apa yang perlu kalian lakukan di ponsel dan cari tahu apakah ada cara agar ponsel bisa mengunduh data yang relevan sebelumnya.

Cara Menghemat Data Seluler di iPhone Terbaru


Nonaktifkan Data Seluler Sepenuhnya di iPhone


Untuk solusi ekstrim, kalian dapat menuju ke layar Seluler dan beralih ke switch Data Seluler di bagian atas ke Mati. Kamu tidak akan dapat menggunakan data seluler lagi hingga mengaktifkannya kembali. Ini mungkin solusi yang baik jika kalian hanya perlu menggunakan data seluler, atau jika  mendekati akhir bulan dan ingin menghemat data seluler.

Kalian juga dapat menonaktifkan data seluler saat roaming dari sini. Ketuk "Opsi Data Seluler" dan dapat memilih untuk menonaktifkan "Roaming Data", jika mau. IPhone tidak akan menggunakan data pada jaringan roaming yang berpotensi mahal saat bepergian, dan hanya akan menggunakan data saat terhubung ke jaringan operator sendiri.

Cara Menghemat Data Seluler di iPhone Terbaru


Kalian tidak harus melakukan semua tips menghemat data seluler ini, tetapi masing-masing dari mereka dapat membantu dan mengurangi data yang terbuang. Semoga kalian bisa dengan bijak menggunakan data seluler internet buat keperluan yang penting, semoga artikel " Cara Menghemat Data Seluler di iPhone " bisa membantu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghemat Data Seluler di iPhone Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel