6 Cara Membuat Performa Mac Kembali Cepat

Apakah kamu punya komputer Mac atau MacBook Pro dan sudah mulai terasa lemot? Jangan terburu buru beli yang baru apalagi menjualnya, kamu masih bisa memperbaiki dan mempercepat performa Mac yang lemot dan membuatnya kembali ngebut dengan cepat.

6 Cara Membuat Performa Komputer  Mac Kembali Cepat

Berikut ini cara mempercepat komputer Mac yang lemot dengan mudah


1. Memeriksa Aplikasi Yang Prosesnya Mamakan Kapasitas Besar

Memeriksa Aplikasi Yang Prosesnya Mamakan Kapasitas Besar Komputer Mac MacBook Pro

Cara untuk memeriksa proses yg sedang berjalan di komputer mac, kamu bisa menggunakan aplikasi Activity Monitor. Silahkan cek proses yang berjalan di komputer Mac, apakah ada aplikasi yg memakan proses sangat berat atau ada aplikasi yang tidak di kenal yang memakan kapasitas besar. Silahkan hapus aplikasi yang tidak dikenal dengan cara menekan proses ini 2x (double click) lalu pilih Quit.

Agar tidak terjadi error atau hal lainnya yang tidak di inginkan, pastikan kamu menggunakan cara ini hanya untuk Process Name yang memang mencurigakan dan tidak di kenal atau sedang di gunakan.
Untuk menuju ke aplikasi Activity Monitor, silahkan cari folder Aplication - Utilities atau bisa juga menggunakan spotlight.

2. Membersihkan Login Item

Membersihkan Login Item Komputer Mac MacBook Pro


Di saat pertama menyalakan komputer, biasanya banyak aplikasi yang dengan otomatis siap di gunakan. Proses aplikasi tersebut akan langsung masuk ke dalam Login Items yang bisa saja membuat proses startup komputer Mac terganggu dan menjadi lebih berat dan lemot.

Kamu bisa mengurangi jumlah aplikasi saat proses stratup di komputer Mac, silahkan pergi ke bagian System Preferences - User & Group - Login Items untuk mengurangi aplikasi yang menyala otomatis. Sebagai tambahan, beberapa aplikasi memeiliki pengaturan Login Items tersendiri yang tidak terintegrasi, sehingga kita perlu mengatur ulangnya di aplikasi tersebut, contohnya adalah aplikasi Spotify.

3. Mengganti Hard Disk dengan Flash Storage 

Mengganti Hard Disk dengan Flash Storage Komputer Mac MacBook Pro


MacBook Pro non Retina Display dan MacBook White masih menggunakan penyimanan dengan tipe hard disk.

Dibandingkan dengan Flash Storage, Hard Disk lebih banyak memiliki kelemahan berupua kecepatan transfer dan proses pembacaan data yang semakin melemah setelah beberapa waktu atau tahun di gunakan. Jika hal tersebut terjadi, bisa saja Hard Disk Mac bisa mati mendadak atau yang paling ringan masalahnya cuma lemot saja.

Ada baiknya kamu mengganti dan memperbaiki Hard Disk dalam Jangka 3-5 tahun sekali untuk mendapatkan performa yang baik. Namu lebih baik lagi kamu mengganti Hard Disk di komluter Mac dengan Teknologi Flash Storage atau lebih di kenal dengan SSD.

Penyimanan SSD atau Flash Storage memiliki kelebihan tersendiri di bandingkan Hard Disk biasa, yaitu bentuk memorinya tidak menggunakan perangkat bergerak dan Kecelatan Membaca dan Menulisnya 4x lebih cepet ketimbang hard disk.

4. Upgrade RAM

Upgrade RAM Komputer Mac MacBook Pro


RAM (Random Access Memory) adalah media penyimpanan sementara untuk menyimpan data yang sedang di gunakan danagi di kerjakan oleh CPU.

Dengan bertambah besarnya kapasitas RAM, semakin mempercepet poroses tugas multi-tasking yang dapat di kerjakan dan dilakukan dengan cepat dan banyak. Namun sayangnya tidak semua komputer Mac memori RAM nya bisa di copot. Misalnya untuk MacBook Pro, hanya tipe MacBook Pro non Retina Display yang bisa melakukan upgrade RAM.

Sedangkan untuk tipe MacBook Air dan MacBook 12 inch tidak dapat melakukan upgrade RAM sama sekali, karena bagian RAM menempel langsung dengan mesin.

Sebelum memutuskan untuk upgrade RAM, kamu harus tau terlebih spesifik yang di butuhkan serta kapasitas maksimal dari RAM yang di dukung oleh komputer Mac kamu. Jangan asal upgrade RAM jika tidak sesuai bisa terjadi komplikasi atah troubleshoting.

5. Mengganti Baterai dan Memberishkan Logic Board (CPU)

Mengganti Baterai dan Memberishkan Logic Board (CPU) Komputer Mac MacBook Pro


Apakah kamu sudah tau, jika komputer Mac yang menggunakan baterai dengan kondisi tidak sehat bisa menyebabkan dan sangat berlengaruh terhadap performa dan kecepatan komputer Mac kamu.

Sebuah sumber mengatakan bahwa MacBook white yang menggunakan baterai dalam keadaan Replace Now, akan berjalan lebih lambat karena Apple membuat sistem baterai limitasi CPU hingga separuh dari kondisi dan performa normal.

Jadi kapan waktu yang tepat buat mengganti baterai komputer Mac? Kamu bisa terlebih dahulu mengecek performa baterai menggunakan indikator cycyle count, jika performa baterai sudah di atas 1500x atau sudah di level Replace Now atau Service Baterai kamu bisa mengganti baterai komputer Mac dengan yang baru, karena baterai yang sebelumnya sudah tidak sehat dan lelet.

Dan jika kamu sedang mengganti baterai, jangan lupa untuk membersihkan Logic Board dari debu. Biasanya di sekitar mesin dan Kilas CPU yang banyak debunya, kamu bisa menggunakan koas kecil buat membersihkannya. Banyaknya debu bisa membuat perputaran kipas CPU tidak stabil dan optimal, sensor yang menjadi tidak sensitif dan hal buruk lainnya.

6. Downgrade MacOS jika di perlukan

Downgrade MacOS jika di perlukan Komputer Mac MacBook Pro


Yang paling di unggulkan dari produk komputer Mac adalah dukungan sistem operasi terbaru hingga 5-6 tahun ke depan sejak pertama rilis, inilah yang menjadi keunggulan dan membuat pengguna dari komputer Mac seneng di bandingkan dengan sistem operasi windows.

Namun meskipun mendapatkan dukungan sistem operasi MacOS terbaru, performanya akan sedikit berkurang dan lebih lambat ketimbang MacOS sebelumnya. Jadi jika kamu ingin mendapatkan performa dari komputer Mac jadul kamu bisa mendapatkan MacOS terbaik dengan mendowngradenya.

Lalu bagaimana cara mendowngrade MacOS ? Kamu bisa menggunakan fitur Internet Recovery Install dari Partisi MacOS Recovery yang ada di komputer Mac. Mungkin nanti akan saya bikinin tutorial cara mendowngrade MacOS di komputer Mac.

Cara lainnya kamu bisa menggunakan USB Bootable Installer dengan veri MacOS yang kamu inginkan. Sebagai catatan tambahan, downgrade MacOS sama dengan membersihkan semua data dan pengaturan yang ada di komputer Mac semua akan terhapus. Jadi sebelumnya kamu perlu membackup data yang penting dulu, biar tidak hilang saat mendowngrade berlangsung.

Mungkin di cukupkan sekian saja dari artikel Cara Memebuat Performa Mac Kembali Cepat, silahkan jika ada tips atau cara lainnya bisa saling sharing lewat kolom komentar di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Membuat Performa Mac Kembali Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel