Skip to main content

Cara Memotret Foto Kembang Api Dengan Kamera Dan Tripod

Teknik Memotret Foto Kembang Api Dengan Camera & Tripod

Malam Tahun Baru, Halloween, dan tentu saja, Empat Juli semuanya dirayakan dengan kembang api dan tentunya kita tidak lupa untuk memotret foto kembang api sebagai kenang-kenangan. Kembang Api sendiri adalah subjek Fotografi yang bagus untuk di Foto namun cukup rumit untuk mengambil dan memotret foto kembang api, jadi kita perlu teknik fotografi untuk memotret foto kembang api di malam hari.



Cara Mendapatkan Foto Kembang Api Yang Bagus


Petasan Kembang api sendiri adalah subjek foto yang sangat membosankan tetapi bisa sangat bagus jika mengambil foto kembang api dengan camera & tripod. Foto kembang api terbaik memiliki sesuatu yang lain terjadi di gambar. Mungkin orang-orang di latar depan atau hanya kembang api yang menerobos kota, tetapi ada hal lain yang terjadi yang begitu terasa istimewa di gambar kembang api tersebut.

Teknik Memotret Foto Kembang Api Dengan Camera & Tripod

Ketika para ahli piroteknik melepaskan kembang api, mereka melakukannya untuk mendapatkan pertunjukan terbaik. Tetapi dalam sebuah foto, kembang api tunggal akan terlihat antiklimaks. Sebagian besar foto kembang api sebenarnya adalah gambar eksposur panjang yang menangkap semua kembang api yang meledak selama 10 detik, 20 detik, atau bahkan lebih lama.

Teknik Memotret Foto Kembang Api Dengan Camera & Tripod


Untuk mengambil sebuh foto kembang api, Anda punya dua pilihan: yang pertama (dan yang buruk) adalah dengan memegang kamera Anda  sendiri dan mencoba dan mengatur waktu foto sehingga Anda menangkap gambar kembang api saat mereka pergi ke angkasa (lamgit). Solusi kedua (dan solusi yang baik) adalah untuk mengatur kamera pada tripod dan menggunakan waktu pencahayaan panjang sehingga kembang api pecah di beberapa titik selama itu. Ini adalah metode mengambil foto kembang api yang akan saya bahas.

Teknik Memotret Foto Kembang Api Dengan Camera & Tripod

Untuk mengambil  foto terbaik, pergilah ke lokasi pertunjukan kembang api lebih awal, sebelum matahari benar-benar terbenam. Siapkan tripod dan camera Anda bingkai bidikan di mana Anda pikir akan mendapatkan posisi dan sudut terbaik dari kembang api.


Jangan lupa untuk menggunakan lensa camera yang cocok agar mendapatkan gambar yang terbaik. Jika anda tida tau maka gunakanlah Lensa zoom yang akan memberi Anda lebih banyak fleksibilitas untuk beradaptasi dengan apa pun yang terjadi. Secara umum, Anda tidak akan terlalu jauh sehingga Anda membutuhkan lensa telefoto yang sangat panjang. Sesuatu dengan panjang fokus antara 18mm dan 70mm akan bekerja untuk sebagian besar situasi. Pastikan untuk menggunakan fokus manual.

Atur aperture Anda ke suatu tempat di antara f / 8 dan f / 16, tergantung pada cahaya ambient. Jika kembang api dilepaskan di atas kota, f / 16 akan bekerja lebih baik. Jika mereka keluar di hutan, condong ke arah f / 8.

Teknik Memotret Foto Kembang Api Dengan Camera & Tripod

Dan Jangan lupa untuk mengatur ISO karena Kembang api menyala cerah, dan karena Anda menggunakan tripod, ISO tidak terlalu memprihatinkan. Atur ke 100 dan biarkan di sana. Kami akan menyesuaikan pencahayaan menggunakan kecepatan rana.

Tidak ada satu pun kecepatan rana yang akan menangkap kembang api. Apakah Anda memiliki rana terbuka selama 10 detik atau 30 detik, yang penting adalah setengah detik kembang api itu sebenarnya sangat cerah. Perbedaannya adalah dengan rana terbuka selama 30 detik, Anda akan menangkap lima atau enam semburan kembang api, bukan hanya satu atau dua; Anda juga akan memberi lebih banyak waktu untuk mengekspos latar belakang.

Teknik Memotret Foto Kembang Api Dengan Camera & Tripod

Mulai dengan kecepatan rana sekitar 10 detik dan ambil beberapa gambar percobaan. Jika foto terlalu terang, kencangkan aperture Anda atau perpendek waktu eksposur Anda menjadi lima detik. Jika mereka kurang terang, Anda dapat membuka aperture Anda sedikit atau pergi untuk eksposur 20 detik. Satu-satunya cara untuk mengetahui apa yang akan berhasil adalah trial and error.

Tips dan Trik Lainnya Memotret Kembang Apu

Bersiaplah untuk menyesuaikan kecepatan rana dan apertur Anda dengan cepat. Saat tampilan kembang api terus berlangsung, akan ada periode semburan yang lebih besar dan lebih tenang. Kecepatan rana yang memberi paparan besar di awal mungkin overexpose crescendo tersebut.

Perhatikan elemen-elemen lain dalam gambar Anda. Latar depan yang kuat atau latar belakang yang bagus akan mengambil foto kembang api yang bagus dan membuatnya hebat.

Teknik Memotret Foto Kembang Api Dengan Camera & Tripod

Jika Anda memiliki rilis kabel atau pemicu jarak jauh, Anda dapat menempatkan kamera Anda dalam mode Bulb. Selama Anda menekan tombol pelepas, rana kamera Anda akan tetap terbuka. Ini memberi Anda banyak fleksibilitas dalam berapa lama eksposur Anda.

Sangat sulit untuk menangkap tampilan kembang api menggunakan ponsel Anda. Hal terbaik untuk dilakukan adalah merekam video, bukan foto, atau menggunakan aplikasi seperti Slow Shutter Cam di iOS atau Long Exposure Camera 2 di Android serta tripod smartphone.

Nikmati tampilan. Jangan terlalu sibuk mengambil foto yang membuat Anda kehilangan kesenangan mendengar hal-hal yang meledak dan berbau mesiu.

Mengambil Foto kembang api sedikit rumit jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, tetapi setelah Anda memiliki kamera pada tripod dan menggunakan waktu pencahayaan panjang, sulit untuk salah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar