Skip to main content

Tips Memilih dan Menggunakan Tripod

Memilih dan menggunakan tripod

Tripod adalah salah satu peralatan fotografi yang paling penting — dan sering diabaikan. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan Tripod agar mendapatkan hasil jepretan yang maksimal dan memukau.

Mengapa Anda Perlu Tripod ?

Tripod mendukung dan menstabilkan kamera Anda. Tanpa satu, hampir tidak mungkin melakukan hal-hal seperti:

  • Ambil foto dengan kecepatan rana lebih lama dari sepersekian detik tanpa semuanya menjadi buram.
  • Mudah mengambil potret diri dan foto grup yang menyertakan Anda.
  • Jaga agar kamera Anda terkunci di posisi yang sama sehingga Anda dapat mengambil foto HDR atau gambar gabungan (di mana Anda menggabungkan beberapa foto menjadi satu gambar).
  • Gunakan lensa tele panjang untuk waktu yang lama tanpa rasa sakit punggung yang besar, nyeri bahu, dan rasa sakit emosional.
  • Buat video timelapse.


Dapatkan Tripod Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda
Ada ratusan tripod berbeda di luar sana yang harganya mulai dari Rp.500 ribu hingga lebih dari Rp.10 jutaan. Sangat penting untuk membeli tripod yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tripod datang dalam dua bahan utama: aluminium dan serat karbon. Aluminium lebih murah tetapi lebih berat, sementara serat karbon lebih ringan dan lebih mahal. Banyak produsen membuat tripod identik di kedua bahan tersebut.

Ada dua bagian untuk tripod: kaki tripod dan kepala tripod. Kaki mendukung kamera, sedangkan kepala adalah tempat Anda menempelkan kamera. Kepala yang berbeda memungkinkan Anda untuk memposisikan kamera dengan cara yang berbeda. Tripod murah dapat menggabungkan keduanya, tetapi sebagian besar, Anda akan dapat membeli tripod yang sama dengan beberapa kepala yang dapat diganti yang berbeda.

Jenis Tripod

Ada banyak gaya kepala tripod yang berbeda, tetapi yang paling penting adalah:

  • Bola kepala: Kepala bola adalah kepala tripod termurah dan paling umum untuk fotografi. Mereka sangat fleksibel dan memungkinkan Anda memposisikan kamera Anda cukup banyak yang Anda inginkan.
  • Pan and tilt heads: Sebuah kepala pan dan tilt mengunci kamera Anda ke dua sumbu yang dikendalikan secara independen. Anda dapat menggeser sisi kamera ke sisi tanpa memengaruhi kemiringannya, atau memiringkan kamera ke atas dan ke bawah tanpa disengaja tanpa sengaja. Ini membuatnya lebih mudah melakukan penyesuaian kecil dan mengambil foto panorama. Mereka juga lebih baik untuk video daripada bola kepala.
  • Gimbal heads: Gimbal head mendukung pengaturan kamera berat sementara masih memungkinkan Anda untuk memindahkannya dengan cepat seolah-olah Anda memegangnya. Mereka terutama untuk fotografer satwa liar dan olahraga, daripada orang-orang yang ingin mengunci kamera mereka dalam posisi stabil.

Model kepala Tripod

Pengaturan tripod apa yang harus Anda dapatkan tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda hanya membutuhkan sesuatu untuk memegang kamera Anda untuk potret keluarga, barang termurah yang dapat Anda beli dengan tiga kaki akan berfungsi. Hanya perlu memegang kamera Anda stabil selama sepersekian detik.

Di sisi lain, jika Anda ingin tripod memegang kamera Anda stabil selama 30 detik eksposur — atau timelapse enam jam — maka Anda perlu berinvestasi dalam sesuatu yang jauh lebih stabil. Dengan tripod, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.

Secara pribadi, saya menggunakan aluminium Vanguard Alta Pro dengan ballhead. Dengan harga Rp.2 jutaan, harganya terjangkau sementara masih cukup stabil untuk mendukung kamera berat yang disiapkan untuk eksposur dan waktu jangka panjang. Satu-satunya downside adalah bahwa itu agak besar dan berat untuk bepergian dengan.

Cara Mengatur Tripod Anda Jadi Seimbang dan Stabil

Setiap tripod dilengkapi dengan kaki tersegmentasi bersarang yang memanjang sehingga Anda dapat menciutkan tripod ke bawah untuk bepergian selagi masih bisa mendapatkan jumlah tinggi yang wajar ketika Anda membutuhkannya. Masalahnya adalah semakin Anda memperpanjang tripod, semakin kurang stabil. Ini berarti Anda tidak boleh memperpanjang tripod lebih dari yang diperlukan untuk mendapatkan bidikan yang Anda inginkan. Lebih baik harus membungkuk atau berlutut dan memiliki kamera Anda stabil pada tingkat pinggang daripada memiliki itu tidak stabil pada tingkat mata.

Saat Anda memperpanjang tripod, mulailah dengan bagian kaki yang lebih tebal terlebih dahulu karena mereka yang paling stabil. Ini biasanya bagian atas. Setelah itu, lakukan dua atau tiga bagian kaki yang lebih tipis dengan menggunakan sesedikit mungkin.

Mengatur Kestabilan Tripod

Pikirkan tentang permukaan apa Anda meletakkan tripod Anda juga. Jika ada yang longgar seperti pasir, salju, atau kerikil, maka ada kemungkinan besar tripod bisa bergeser. Jika Anda bisa, letakkan di sesuatu yang lebih kuat; jika tidak, dorong dan goyangkan tripod dengan kuat sehingga segala sesuatu yang cenderung bergeser, seperti kerikil, sudah selesai sebelum Anda mulai mengambil gambar. Tidak ada yang lebih buruk daripada tripod Anda bergeser satu jam ke timelapse.

Jika tripod Anda memiliki kolom tengah, Anda hanya perlu memperpanjangnya sebagai upaya terakhir ketika Anda benar-benar membutuhkan ketinggian ekstra. Ini bagian paling tidak stabil dari tripod.

Banyak tripod dilengkapi dengan pengait di bawah kolom tengahnya. Ini agar Anda dapat menggantung tas kamera Anda — atau lebih baik lagi, kantong plastik yang penuh dengan batu — dari tripod untuk benar-benar menahannya di posisi dan menghentikan angin untuk mempengaruhinya. Jika tripod kamera Anda memilikinya, selalu gunakan hook itu jika Anda mengambil bidikan eksposur panjang atau timelapse.

Gunakan Spirit atau Digital Level untuk Flat Horizons

Hampir tidak mungkin memposisikan kamera sehingga benar-benar sejajar tanpa level roh (atau setara digital). Ini tidak begitu penting untuk fotografi ketika Anda memiliki sedikit lebih banyak fleksibilitas untuk memperbaiki ingatan yang tidak sama dalam posting , tetapi ini penting untuk kerja video.

Banyak kepala tripod memiliki tingkat semangat. Ada kemungkinan kamera Anda juga memiliki tingkat digital yang dapat Anda gunakan. Jika Anda tidak memilikinya, ambillah sesuatu seperti spurit level $ 7 kecil ini dan gunakan untuk mendapatkan tingkat sempurna kamera Anda.

Hentikan Kamera Bergerak Saat Anda Mengambil Foto

Ketika Anda mengambil gambar, sebenarnya ada banyak gerakan yang terjadi di kamera. Anda hanya tidak memperhatikannya karena Anda bergerak jauh lebih banyak. Namun, dengan kamera Anda pada tripod yang stabil, sedikit gerakan itu dapat memengaruhi gambar Anda — terutama gambar eksposur panjang.

Jangan hanya menekan tombol rana untuk mengambil gambar. Dapatkan remote kamera atau gunakan pengatur waktu dua detik yang ada di setiap DSLR. Ini berarti Anda tidak dapat memperkenalkan gerakan apa pun saat mengambil foto Anda.

Saat Anda mengambil gambar dengan DSLR, cermin di dalamnya terkunci dengan sangat cepat. Ini juga dapat menambahkan beberapa goyangan. Untuk menghentikannya, Anda dapat mengaktifkan mode penguncian cermin (jika kamera Anda mendukungnya). Pilihan yang lebih sederhana, hanya untuk memotret menggunakan tampilan langsung; cermin selalu dikunci kemudian.

Meskipun mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, jika lensa Anda memiliki stabilisasi gambar , Anda harus mematikannya ketika Anda menggunakan tripod. Stabilisasi gambar bekerja dengan memiliki elemen di dalam lensa yang dapat bergerak beberapa milimeter. Ini berfungsi dengan baik jika Anda memegang kamera di tangan Anda, tetapi jika Anda telah mengunci tripod, sejumlah kecil gerakan dari sistem stabilisasi dapat membuat setiap foto sedikit berbeda.

Tripod adalah alat yang sangat penting untuk berbagai jenis fotografi. Ada alasan fotografer lanskap siap untuk membawa mereka sejauh bermil-mil untuk mendapatkan bidikan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar