Skip to main content

Cara Back Up MacOS Dan Restore File Dengan Mudah


Pencadangan reguler sangat penting. Ketika hard drive Anda mati — dan pada akhirnya akan mati — Anda harus tahu bahwa Anda memiliki salinan atau back up file di suatu folder. Pengguna PC dapat menggunakan Riwayat File Windows untuk mencadangkan data mereka , tetapi pengguna MacOS memiliki sesuatu yang bisa dibilang lebih sederhana dan lebih kuat yaitu fitur: Time Machine(Mesin Waktu) yang bisa di gunakan untuk back up dan restore.

Alat cadangan gratis ini, yang disertakan di dalam setiap MacOS, menyimpan cadangan harian per hari, cadangan harian dan cadangan mingguan hingga tidak ada lagi ruang. MacBook juga akan membuat "snapshot lokal" pada penyimpanan internal mereka , jadi Anda memiliki catatan kecil untuk digunakan bahkan ketika Anda tidak terhubung.

Cara Mencadangkan Dengan Mesin Waktu (Time Machine)

Cara termudah untuk menggunakan Time Machine adalah menghubungkan drive eksternal ke Mac Anda. Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengkonfigurasikannya sebagai drive Time Machine; klik "Gunakan sebagai Disk Cadangan" jika itu yang ingin Anda lakukan. Klik opsi "Encrypt Backup Disk" jika Anda ingin mengamankan disk cadangan Anda dengan enkripsi .

Untuk memeriksa kemajuan kepala pencadangan Anda ke System Preferences> Time Machine.

Anda dapat secara opsional mengklik "Tampilkan Waktu Mesin di menu bar" jika Anda ingin melacak cadangan dari sana.

Sementara hard drive eksternal adalah opsi yang paling sederhana, juga dimungkinkan untuk melakukan backup secara nirkabel melalui jaringan. Alat paling sederhana untuk ini adalah Apple's Airport Time Capsule , kombinasi router dan perangkat penyimpanan yang membuat mudah dicadangkan. Sayangnya, Apple tampaknya tidak berkomitmen untuk memperbarui perangkat ini dalam waktu dekat, tetapi Anda dapat menggunakan Mac lain sebagai server Time Machine , atau bahkan Raspberry Pi jika Anda merasa kreatif.

Anda bahkan dapat membuat Mac Anda kembali ke beberapa lokasi, berputar di antara mereka sehingga Anda dapat memiliki cadangan di dua atau lebih lokasi.

Mengaktifkan Time Machine pada MacBook juga akan mengaktifkan fitur "snapshot lokal". Mac Anda akan menyimpan satu snapshot harian serta satu snapshot mingguan tunggal dari file Anda ke penyimpanan internalnya jika drive cadangan Time Machine tidak tersedia. Ini memberi Anda cara untuk memulihkan file yang dihapus atau memulihkan file versi sebelumnya bahkan jika Anda jauh dari drive cadangan Anda untuk sementara waktu.


Sementara Time Machine tidak memasukkan semuanya secara default, Anda dapat mengklik tombol Opsi di jendela Time Machine dan mengecualikan folder tertentu . Misalnya, Anda dapat mengecualikan folder / Aplikasi Anda untuk menghemat ruang pada cadangan Time Machine.



Pencadangan Otomatis vs. Cadangan Manual

Pencadangan Time Machine pertama akan memakan waktu paling lama, karena semua yang ada di drive Anda telah di-backup. Cadangan masa depan tidak akan memakan waktu lama, karena hanya file baru dan yang diubah yang harus di-backup.

Time Machine biasanya berfungsi secara otomatis. Jika drive Anda terhubung ke komputer atau lokasi jaringan tersedia, itu akan mundur sekali per jam. Anda dapat memutuskan drive eksternal Anda saat menggunakan MacBook Anda di siang hari dan mencolokkannya ketika Anda tiba di rumah pada malam hari. Mac Anda akan dicadangkan saat drive tersambung.

Anda juga dapat memilih untuk melakukan backup manual. Untuk melakukan ini, buka layar pengaturan Time Machine dan ubah Time Machine ke "Off." Anda kemudian dapat mengklik ikon Time Machine pada menu bar dan pilih "Cadangkan Sekarang" untuk melakukan pencadangan manual kapan saja. Pencadangan otomatis biasanya merupakan opsi yang lebih baik - Anda akan memiliki lebih banyak cadangan dan Anda tidak akan dapat melupakannya.


Cara Memulihkan File Perorangan dari Cadangan

Klik ikon Time Machine pada bilah menu dan pilih "Enter Time Machine" untuk masuk ke antarmuka pemulihan. Layar ini memungkinkan Anda untuk mencari file yang dihapus atau versi file sebelumnya dan memulihkannya.

Pilih tanggal dan waktu di sudut kanan bawah jendela untuk "kembali ke masa lalu" ke titik di mana file yang ingin Anda pulihkan ada. Tanggal dalam warna merah muda menunjukkan cadangan disimpan di drive eksternal, sementara tanggal dalam warna putih menunjukkan foto lokal yang disimpan di penyimpanan internal Mac Anda.


Cari file yang ingin Anda pulihkan, pilih, dan klik tombol "Pulihkan" untuk mengembalikannya ke folder yang sama di Mac Anda. Jika itu akan menimpa dan file yang ada, Anda akan ditanya apa yang ingin Anda lakukan.

Anda juga dapat memilih file dan menekan bilah spasi untuk mempratinjaunya dengan Quick Look sebelum mengembalikannya.

Time Machine termasuk fitur pencarian juga. Cukup ketikkan pencarian ke dalam kotak pencarian di jendela Finder di dalam Time Machine untuk mencari file yang ingin Anda kembalikan.



Cara Memulihkan (Restore) Seluruh Mac

Time Machine juga memungkinkan Anda untuk mengembalikan seluruh sistem Mac. Anda hanya dapat melakukan ini jika cadangan dibuat pada model Mac yang sama. Untuk melakukan ini, tahan Command + R sebagai Mac Anda boot untuk mengakses mode Recovery . Anda akan melihat opsi untuk memulihkan seluruh sistem Anda dari aa Time Machine Backup di sini.


Time Machine juga mem-backup file macOS Recovery Anda ke disk cadangan Time Machine Anda, sehingga Anda dapat menahan tombol “Option” saat Anda boot, pilih drive Time Machine, dan boot langsung ke mode pemulihan bahkan jika sistem pemulihan tidak tersedia di komputer Anda. Mac.


Cara Memulihkan Pencadangan Mesin Waktu di Mac Lain

Untuk memulihkan file dari cadangan Time Machine di Mac lain, navigasikan ke folder / Applications / Utilities dan buka aplikasi Migration Assistant. Anda juga dapat menekan Command + Space, mencari Asisten Migrasi, dan tekan Enter.

Hubungkan drive cadangan Time Machine dan gunakan Migration Assistant untuk memigrasikan file yang di-backup dari Mac Anda sebelumnya ke Mac Anda yang baru.

Asisten Migrasi juga ditawarkan saat mengatur Mac baru, membuat Time Machine cadangan cara yang sangat cepat untuk mendapatkan semua file dan aplikasi Anda ke komputer baru.


Cara Memulihkan Pencadangan Mesin Waktu di Windows

Time Machine memerlukan drive yang diformat dengan sistem file Mac HFS +, jadi jika Anda ingin mengembalikan file Time Machine Anda menggunakan Windows , Anda perlu menginstal aplikasi seperti HFSExplorer gratis yang dapat membaca sistem file HFS + dan menyalin file dari situ. HFSExplorer sayangnya membutuhkan Java , tapi itu satu-satunya aplikasi gratis yang kami tahu yang memungkinkan Anda untuk membaca sistem file HFS + di Windows.


Jika Anda hanya ingin berhenti menggunakan Time Machine dan menggunakan drive dengan PC Windows, Anda dapat memformat ulang drive dengan sistem file NTFS atau FAT32 menggunakan alat Manajemen Disk Windows .

Time Machine bukanlah solusi cadangan lintas platform, tetapi sangat kuat. Jika Anda pengguna Mac, Anda harus menggunakannya.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar